Mahasiswa KKN Kebangsaan di Adi Luhur Kembangkan Potensi Desa Dengan Program “Rintisan Desa Agrowisata”  

Ditulis : Kamis, 2018-08-23 - 17:35:32

Mahasiswa KKN Kebangsaan di Adi Luhur Kembangkan Potensi Desa Dengan Program “Rintisan Desa Agrowisata”   

 

Mahasiswa KKN Kebangsaan di desa Adi Luhur, Kecamatan Jabung, Lampung Timur merencanakan program untuk memajukan desa dengan mengembangkan potensi desa dalam sektor wisata edukasi. Sebelumnya mahasiwa ini terdiri dari berbagai kampus di pelosok Indonesia dan program studi yang berbeda. Diantaranya ada Bayu Rizkiantono dari Polinela (Lampung), Purwoko Ajie dari Institut Seni Indonesia Surakarta (Jawa Tengah), Muhammad Mujir Afany dari UIN Ar-Raniry (Banda Aceh), Helda Yanti dari Universitas Borneo Tarakan (Kalimantan Utara), Liza Fitriani dari Universitas Lampung (Lampung), Widya Miranthi dari Univesitas Bangka Belitung (Bangka Belitung), dan Anzila Nur Auliya dari IAIN Tulung Agung (Jawa Timur). Salah satu program dalam membangun desa Adi Luhur adalah membuat rintisan desa Agrowisata.

Latar belakang berdirinya program ini terbentuk setelah tim KKN Kebangsaan didampingi dengan kepala dusun VII, Sutris, meninjau kebun jeruk milik salah satu warga yang ladangnya ditanami pohon jeruk dan berbuah lebat. Hal ini memicu tim KKN Kebangsaan menjadikan dusun VII desa Adi Luhur menjadi roll model untuk desa agrowisata dengan buah alpukat.

Dengan dukungan kepala desa Adi Luhur dan perangkat desa, LPM serta warga, maka pada Minggu 5 Agustus 2018 penanaman serentak pohon alpukat di dusun VII dilakukan. Setiap rumah warga diberi 2 bibit pohon alpukat yang harus ditanam didepan rumah. Untuk pembibitan sendiri berasal dari Persemaian Permanen Lampung Selatan dengan total 1200 bibit pohon buah. Terdiri dari 100 pohon pinang, 500 pohon alpukat, 300 pohon jambu jamaika dan 300 pohon nangka. Sisa dari bibit yang belum ditanam akan dibagikan kepada warga dan dusun VI untuk dikembangkan.

“Harapannya, desa Adi Luhur semakin maju dengan sektor wisata edukasi berupa agrowisata yang rindang dan sejuk. Nantinya dusun VII akan jadi dusun percontohan agrowisata untuk dusun lainnya. Saya dan perangkat desa mendukung secara penuh program ini dan semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat” tutur kepala desa Adi Luhur, Agus Pujianto.

Selain menjalankan program desa Agrowisata, mahasiswa KKN Kebangsaan di desa Adi Luhur juga menjalankan beberapa program kerja diantaranya Pematenan Hak Merk Kloset, Perpustakaan di SD N Adi Luhur, Manajemen Inventaris Bank Sampah, hingga Video Promosi Potensi Desa. Selain itu, tim KKN Kebangsaan juga menjalankan berbagai program tambahan yang melibatkan anak-anak desa Adi Luhur.

ADI LUHUR